Rabu, 14 Oktober 2020

Infeksi Virus Corona pada Ibu Menyusui, Ini yang Perlu Anda Ketahui

 



Jumlah infeksi virus Corona terus semakin makin tambah meluas ke beberapa negara, termasuk juga Indonesia. Siapa bisa terkena virus ini, tidak kecuali ibu menyusui. Lalu, bagaimana imbas virus ini pada ibu menyusui serta bayi yang sedang disusui?


Infeksi virus Corona atau penyakit COVID-19 berasal dari coronavirus tipe baru yang pertama-tama diketemukan di Wuhan, China di bulan Desember 2019. Virus yang menyerbu aliran pernafasan ini masih 1 barisan dengan virus pemicu SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) serta MERS Cov.


Beberapa orang yang terkena virus Corona alami tanda-tanda enteng seperti flu, tetapi ada juga pasien infeksi virus Corona yang alami tanda-tanda berat karena pneumonia. Infeksi virus Corona sekarang telah terverifikasi diketemukan di Indonesia.


Tanda-tanda serta Langkah Penyebaran Infeksi Virus Corona di Ibu Menyusui Penyebaran virus Corona antarmanusia dapat berlangsung lewat contact langsung, juga bisa lewat contact tidak langsung, yakni jika sentuh benda yang sudah tercemar virus Corona. Seorang dapat juga terjangkit COVID-19 jika tidak menyengaja mengisap percikan air liur yang memiliki kandungan virus Corona, contohnya waktu pasien batuk atau bersin.


Beberapa gejala COVID-19 bisa ada pada waktu 2–14 hari sesudah terkena virus Corona. COVID-19 di ibu menyusui bisa memunculkan tanda-tanda enteng seperti flu. Tetapi, gempuran virus ini dapat juga mengakibatkan ibu menyusui alami tanda-tanda yang makin berat, misalnya:


Demam


Napas sesak


Batuk kering atau berdahak


Ngilu kerongkongan


Sakit di kepala


Ngilu otot


Lemas


10 rekomendasi game slot terbaik di android Kecuali gejala-gejala di atas, infeksi virus Corona dapat juga mengakibatkan tanda-tanda mual dan muntah, diare, serta batuk berdarah. Tetapi, beberapa gejala itu bertambah jarang-jarang diketemukan.


Jika Busui merasai tanda-tanda atau barusan melancong ke negara yang terkena virus Corona, seperti Tiongkok, Korea Selatan, serta Italia, click gambar berikut ini untuk mengenali apa Busui beresiko terkena Corona.


Cara Perlakuan Infeksi Virus Corona Jika Busui alami beberapa gejala di atas, cepatlah kontrol diri ke dokter untuk pastikan apa tanda-tanda itu berasal dari infeksi virus Corona ataulah bukan.


Jika hasil kontrol dokter pastikan ada infeksi virus Corona, Busui perlu dirawat di dalam rumah sakit untuk mendapatkan pengawasan serta penyembuhan dari dokter.


Tetapi, bila hasil kontrol tidak memperlihatkan ada infeksi virus Corona, Busui bisa istirahat di dalam rumah serta konsumsi beberapa obat yang diresepkan oleh dokter sampai tanda-tanda lebih baik. Sepanjang istirahat, Busui dianjurkan tidak untuk melancong ke luar rumah.


Apa Bayi Dapat Terjangkit Virus Corona Lewat ASI? Sampai sekarang ini, belumlah ada riset atau laporan masalah yang mengatakan jika infeksi virus Corona bisa menyebar melalui ASI. Oleh karenanya, ibu menyusui yang terserang infeksi virus Corona masih bisa memberi ASI atau menyusui bayinya.


Meskipun begitu, efek bayi terjangkit infeksi virus Corona dari ibunya terus ada. Penyebaran dapat berlangsung saat ibu menyusui yang terkena virus Corona sentuh bayinya dengan tangan yang belum dicuci, saat ibu menyusui batuk atau bersin di dekat bayinya.


Untuk menahan penyebaran virus Corona di bayi, ibu menyusui dianjurkan untuk:


Kenakan masker waktu ada di dekat bayi serta beberapa anak, termasuk juga saat sedang memberi ASI


Membersihkan tangan serta bersihkan puting serta kulit disekelilingnya sebelum dan setelah menyusui bayi, sebelumnya memeras ASI


Memeras ASI, baik dengan pompa ASI atau dengan manual (cukup dengan tangan tiada memakai alat), lalu memberi ASI perah ke bayi dengan botol susu yang bersih


Memberi susu formula ke bayi untuk alternatif ASI, bila ibu tidak bisa menyusui


Mengingat masih kurangnya info tentang infeksi virus Corona di ibu menyusui, penting untuk Busui untuk lakukan usaha penjagaan infeksi semaksimal kemungkinan. Dengan begitu, Busui bisa membuat perlindungan kesehatan diri atau Sang Kecil.


Jika Busui merasai beberapa gejala infeksi virus Corona atau COVID-19, cepatlah konsultasi ke dokter untuk jalani kontrol serta memperoleh perlakuan yang pas.


Share:
Lokasi: Indonesia

Copyright © Corona | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com